Serba Serbi Keluhan Kulit pada Bayi Area Popok | Bepanthen

Serba Serbi Keluhan Kulit pada Bayi - Alasan Ibu Perlu Melindungi Kulit Bayi dari Gesekan dengan Popok

Ruam popok merupakan masalah pada bayi yang bisa muncul dalam tingkat keparahan yang berbeda-beda.

Salep popok sangat penting untuk melindungi kulit bayi dari gesekan popok yang dapat menyebabkan masalah pada kulit bayi.

Pemakaian salep memang bukan satu-satunya hal yang dapat mengurangi keluhan di area popok, karena ada banyak faktor yang memengaruhi kesehatan kulit bayi. Ibu juga perlu berkonsultasi dengan dokter bila ada hal yang mencemaskan terkait kondisi kulit si Kecil.

Tips mengurangi keluhan Ibu pada area popok bayi

Memberikan jeda dari pemakaian popok

Popok terkadang bisa sangat lembap sehingga menyebabkan ruam. Jadi, sesekali Ibu perlu melepas popok bayi untuk menjaga kulitnya tetap bersih dan kering. Saat bayi sedang tidak memakai popok, jangan lupa siapkan selimut atau kain untuk berjaga-jaga bila ia ingin buang air kecil atau buang air besar. Cara ini cukup tepat untuk mengobati masalah kulit di area popok, contohnya ruam popok, dan mencegah masalah ini muncul berulang kali.

Serba Serbi Keluhan Kulit pada Bayi Area Popok | Bepanthen - Bayi baru lahir berbaring di tempat tidur dengan kelopak mawar selembut krim pelembab kulit bayi Bepanthen
Menggunakan salep popok

Persiapkan salep popok bayi dalam tas perlengkapan Ibu. Agar manfaatnya lebih terasa, oleskan produk ini sesaat sebelum mengganti popok setiap hari. Gunakan terutama pada malam hari ketika popok sedang dipakai dalam waktu lama.

krim ruam popok dapat digunakan untuk mencegah timbulnya ruam, tidak hanya untuk mengobatinya Bepanthen
Membersihkan pantat bayi sebelum memakaikan popok

Jangan lupa membersihkan pantat Si Kecil sebelum mengganti popoknya dengan yang baru. Air kencing dan sisa feses dari popok yang kotor bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Jadi, pastikan Ibu selalu membersihkan pantatnya dengan tisu basah atau kain bersih.

seorang ayah sedang mengganti popok bayi dan tidak lupa diolesi krim Bepanthen
Ada perbedaan pada lipatan kulit bayi laki-laki dan perempuan

Bayi perempuan umumnya lebih mudah dibersihkan daripada laki-laki, kecuali ketika mereka sedang diare atau semacamnya. Perbedaan inilah yang perlu Ibu perhatikan saat membersihkan si Kecil. Pada bayi laki-laki, bagian yang sering terlewatkan adalah lipatan kulit di bawah testis. Sementara pada perempuan, masalah utamanya justru adalah proses membersihkan yang berlebihan.

Ibu tidak perlu merasa bersalah bila sewaktu-waktu si Kecil mengalami ruam popok. Ibu bisa mencegah ruam popok muncul kembali dengan membersihkan tubuh si Kecil sambil memerhatikan lipatan kulitnya. Bersihkan secara menyeluruh dan jaga selalu kesehatan kulit di area popok.

bentuk garis merah muda dan abu-abu melengkung ke atas Bepanthen