Rutinitas Perawatan Kulit Bayi di Pagi Hari | Bepanthen

Rutinitas Perawatan Kulit Bayi di Pagi Hari Bersama Bepanthen

Krim Bepanthen

Bila diperhatikan, Ibu memiliki rutinitas pagi yang sangat sibuk. Jadwal untuk bangun pagi, sarapan bermain, mandi, merawat kulit bayi, tidur siang, sampai tidur lagi di malam hari.

bayi tertidur lelap setelah menggunakan krim Bepanthen

Mengapa membuat jadwal kegiatan sehari-hari dan menjadikannya sebagai rutinitas sangat penting dalam mengasuh anak?

Mengasuh dan merawat anak terkadang membuat orangtua lelah dan kehabisan akal. Namun, membentuk rutinitas dan kebiasaan setiap harinya, bisa membuat suasana hati lebih baik.
Sebagai contoh, Ibu membuat jadwal bangun pagi yang rutin saat bayi masih berusia 6-8 minggu. Meski terkesan sepele, ini bisa berpengaruh pada kebiasaannya bangun pagi dan menjaga tidurnya tetap nyenyak di malam hari

bayi dengan baju merah muda tertidur lelap setelah menggunakan krim ruam Bepanthen

Membuat jadwal yang pasti dari rutinitas harian juga bisa membuat Ibu dan bayi merasa lebih nyaman. Alasannya, bayi menyukai sesuatu yang teratur. Ia akan tahu kegiatan apa yang akan dilakukan setelahnya. Bila ia terlihat bosan, Ibu bisa membuat aktivitas lain tanpa mengubah jadwal bermainnya di siang hari. Ini dilakukan agar bayi tetap ceria di siang hari dan bisa tidur nyenyak di malam hari.

bayi tersenyum diatas kasur setelah menggunakan krim Bepanthen

Rutinitas di Pagi Hari

Ibu bisa menggunakan prinsip yang sama saat membuat rutinitas pagi dan malam hari. Dengan demikian Ibu masih memiliki waktu berkualitas untuk diri sendiri.

1. Bangun pagi

Membuat rutinitas pagi yang teratur diawali dengan bangun pagi. Bila bayi terlihat masih mengantuk, Ibu bisa membangunkannya secara perlahan agar suasana hatinya tidak berubah menjadi buruk. Saat ia sudah bangun, biarkan ia melamun sejenak sebelum Ibu mengajaknya untuk melakukan aktivitas berikutnya. Terapkan prinsip yang sama ketika bayi sudah mulai tidur di kamarnya sendiri.

2. Ganti popok

Si kecil sudah memakai popok semalaman, sehingga harus segera diganti saat ia bangun di pagi hari. Untuk melindungi kulit bayi dari gesekan dengan popok, Ibu bisa mengoleskan Bepanthen salep popok bayi menjelang waktu tidur dan setiap mengganti popok di pagi hari. Memiliki tekstur yang lembut, Bepanthen memberikan lapisan berpori yang melindungi kulit bayi dari gesekan dengan popok.

Bepanthen® dengan Triple Action Formula untuk kulit

  1. Bepanthen® Melembutkan
    Bepanthen® mengandung sweet almond oil, lanolin dan paraffinum liquidum, bekerja melembutkan kulit bayi setiap hari.
  2. Bepanthen® Melindungi dari Gesekan
    Bepanthen® dengan lanolin yang memberikan lapisan pori untuk melindungi kulit bayi dari gesekan dengan popok.
  3. Bepanthen® Merawat
    Bepanthen® dengan dekspanthenol (pro vitamin B5) merawat kulit bayi setiap hari.

 

bayi tersenyum setelah dioleska krim popok Bepanthen

3. Sarapan

Setelah melakukan perawatan kulit bayi dan memastikan kebersihan area kelamin dan bokong, rutinitas berikutnya adalah sarapan. Pada bayi di bawah satu tahun, Ibu bisa memberikan buah padat kalori atau bubur sebagai menu sarapan. Sesuaikan dengan menu kesukaan si kecil agar ia lebih semangat saat sarapan.

4. Waktu bermain bersama ayah

Jangan lupa libatkan ayah agar si kecil bisa bermain bersamanya sebelum waktu berangkat kerja. Kegiatan ini bisa menambah ikatan batin antara si kecil dan ayah.

5. Mandi dan ganti pakaian

Setelah ayah berangkat kerja, Ibu bisa mengajak si kecil untuk mandi bersama. Gunakan sabun dan produk perawatan kulit bayi yang sesuai dengan kondisi kulit si kecil. Setelah memandikan bayi, Ibu bisa mengeringkan kulit bayi dan kembali mengoleskan Bepanthen® salep popok sebelum memakaikan popok untuk menjaga kulit di area popok tetap sehat setiap hari.

6. Tidur siang

Saat sedang bermain, mungkin bayi tidak terlihat mengantuk. Namun, apabila bayi sering menggosok mata, telinga, atau menguap, itu tanda bayi sudah mengantuk. Ibu bisa mengajaknya ke kamar untuk tidur siang atau digendong dengan gerakan mengayun perlahan.

Rutinitas yang sama setiap harinya kadang terasa membosankan, tetapi melonggarkan atau mengubahnya juga bukan keputusan yang baik. Ini membuat bayi bingung dengan jadwalnya sehari-hari dan bisa rewel seharian. Selain mengatur kegiatan sehari-hari, membuat rutinitas akan sangat membantu Ibu dan bayi menghabiskan waktu dengan berkualitas.

Hal penting yang perlu diperhatikan dalam membentuk rutinitas pagi yang teratur adalah tetap konsisten. Pada awalnya mungkin terasa berat, apalagi bayi masih belum mengerti dan siap sepenuhnya. Tidak perlu terburu-buru dalam membentuk rutinitas pagi ini, lakukan perlahan dan semampu Ibu.

bentuk garis merah muda dan abu-abu melengkung ke atas Bepanthen