Tips Merawat Kulit Bayi Setelah Mandi | Bepanthen

Tips Merawat Kulit Bayi Setelah Mandi

Bagi orang tua baru, merawat bayi yang baru lahir seperti tantangan baru dimana orang tua masih memiliki pengalaman dan informasi terbatas tentang perawatan bayi terutama setelah mandi. Beberapa sumber mengatakan tidak masalah memandikan bayi supaya tidak gerah. Namun sumber lainnya menyebutkan bayi justru tidak boleh terlalu sering dimandikan supaya kulitnya tidak mudah kering1,3

Nah, terlepas dari teori mana yang ingin diterapkan, satu hal yang pasti bahwa selesai mandi bayi butuh perawatan ekstra untuk menjaga kelembaban kulitnya sehingga tidak mudah kering dan bahkan mengalami gangguan kesehatan kulit seperti eksim1. Perawatan setelah mandi ini tidak boleh dianggap remeh mengingat kulit bayi masih begitu rentan dan sensitif sehingga kontak dengan air mandinya bahkan bisa mengikis kelembaban alami2,3. Untuk menghindari kondisi tersebut, berikut ini adalah apa saja yang harus dipakai bayi setelah mandi untuk membuatnya merasa nyaman sekaligus memiliki kulit sehat dan bebas kering:

Keringkan tubuh bayi dengan handuk lembut

Tahukah orang tua bahwa sistem imun bayi dan kemampuan tubuhnya dalam beradaptasi pada perubahan suhu masih belum berkembang dengan sempurna?1,2 Itu artinya ketika suhu berubah misalnya saat berendam di air hangat kemudian keluar dari bak mandi, si Kecil akan merasa tidak nyaman bahkan kedinginan. 

Oleh karena itu, pastikan segera mengeringkan tubuh bayi dengan handuk berbahan menyerap, misalnya saja handuk microfiber dan katun gauze yang sekarang ini mudah ditemukan. Dengan tekstur serat yang lembut namun daya serap tinggi, kulit bayi jadi mudah kering setelah mandi. Dengan demikian dia tidak akan merasa kedinginan sehabis mandi, apalagi jika setelahnya orang tua langsung memeluk buah hati demi memastikan suhu tubuhnya tetap hangat1.

Gunakan losion yang hypoallergenic 

Memang tidak semua bayi akan mengalami kulit kering sehabis dimandikan apalagi jika usianya sudah satu bulan ke atas. Namun tetap saja, langkah pencegahan harus selalu dilakukan untuk mengantisipasi kondisi kulit bayi yang bisa saja berubah. Sehabis mandi, jangan lupa untuk mengaplikasikan lotion pelembab atau moisturizer khusus bayi yang diformulasikan tanpa tambahan parfum, pewarna serta terbukti klinis hypoallergenic atau tidak menimbulkan reaksi alergi. Cara mengaplikasikannya adalah dengan menuangkan sedikit saja lotion pelembab di tangan Bunda yang bersih kemudian tepuk halus pada kulit bayi. Jangan menggosoknya karena akan membuat buah hati tidak nyaman dan berpotensi melukainya2.

Aplikasikan krim diaper rash

Diaper rash atau ruam popok adalah sebuah kondisi yang sangat umum dialami bayi di bulan-bulan awal kehidupannya. Meskipun terbilang lumrah karena penggunaan popok sekali pakai namun hal ini tidak boleh dianggap remeh, Bunda. Pasalnya, dalam level tertentu ruam popok bisa menjadi infeksi yang membuat bayi tidak nyaman bahkan kesakitan. Itulah sebabnya sebelum ruam terjadi, usahakan selalu mengaplikasikan krim khusus ruam popok di area yang tertutup popok misalnya sekitar pangkal paha, selangkangan dan juga pantat sehabis mandi. Ketika iritasi belum terjadi, krim ini berfungsi untuk meningkatkan skin barrier sekaligus melindunginya dari gesekan langsung dengan popok sehingga ruam bisa dicegah. 

Sedangkan bila ruam sudah terjadi, krim atau salep ruam berfungsi menyejukkan, melembabkan serta melindungi kulit sehingga tidak semakin parah1. Sebagai langkah pencegahan, usahakan mengganti popok bayi misalnya 2 jam sekali meskipun belum penuh supaya kulit tidak terlalu lama berkontak dengan urin ataupun feses. Dan jangan lupa untuk membersihkannya baik dengan tisu basah non-alkohol atau bisa juga air bersih agar bekas kotoran tidak menempel dan kulit menjadi sehat dan bersih sebelum tertutup popok lagi3.

Gunakan baby oil untuk memijat bayi

Ada satu produk skin care bayi yang juga baik untuk menjaga kelembaban kulitnya sekaligus membuat bayi nyaman, yaitu baby oil. Minyak bayi ini terbuat dari bahan-bahan yang baik untuk merawat kulit buah hati yang rentan dan sensitif. Pastikan menggunakan baby oil juga sudah hypoallergenic plus bebas tambahan parfum sehingga aman digunakan sehabis mandi. Baby oil bisa digunakan sebagai minyak untuk memijat bayi terutama di area kaki, tangan dan juga punggungnya untuk memberikan kenyamanan lebih dan membuat si Kecil dapat tidur lebih pulas3

Hindari penggunaan bedak bayi

Zaman dulu setiap habis mandi, menaburkan bedak pada tubuh bayi adalah ritual yang tidak boleh terlewatkan dengan berbagai alasan misalnya membuat tubuh harum, menjadikan kulit lebih lembut, tidak gerah, menyerap keringat yang membuat bayi risih dan sebagainya. Hati-hati, orang tua. Penggunaan bedak bayi secara berlebihan terutama pada bayi yang masih sangat muda justru dapat menimbulkan masalah serius misalnya masalah saluran pernafasan karena butiran halus bedak ikut terhirup. 

Bagi bayi laki-laki, bedak juga berpotensi menyumbat saluran kencingnya tanpa disadari sehingga malah menimbulkan penyakit yang seharusnya bisa dihindari 1,3. Untuk itu, jika ingin membuat kulit lembab dan bebas iritasi gunakanlah produk lain dengan kandungan yang aman misalnya petroleum jelly atau lotion pelembab khusus bayi.

Merawat kulit bayi sehabis mandi sebenarnya bukanlah hal yang sulit selama orang tua tahu produk skin care bayi apa saja yang baik untuknya. Dengan perawatan maksimal dan cinta kasih orang tua, si Kecil akan tumbuh menjadi anak yang sehat dan bahagia.

LMR-CH-20210913-08

Referensi :

  1. Bathing and Skin Care for the Newborn. Stanford Children’s Health. Diakses pada 9 Juni 2021 dari https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=bathing-and-skin-care-for-the-newborn-90-P02628
  2. Navsaria Dipesh. Healthy Children. Org. 3 Mar 2020. Bathing Your Baby. Diakses pada 9 Juni 2021 dari https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/bathing-skin-care/Pages/Bathing-Your-Newborn.aspx
  3. Alli Renee, MD. Baby Skin Care: Tips for Your Newborn. WebMD Medical Reference. October 13, 2019, diakses pada 9 Juni 2021 dari https://www.webmd.com/parenting/baby/skin-care-tips#1
bentuk garis merah muda dan abu-abu melengkung ke atas Bepanthen