Memahami masalah kulit bayi di area popok

Kami memahami tidak ada yang lebih berharga dari si Kecil. Kami mendedikasikan lebih dari 75 tahun untuk memahami dan mempelajari cara merawat kulit bayi yang begitu halus dan lembut. 

Sayangnya, ruam popok termasuk salah satu masalah kulit bayi yang umum, kondisi ini tidak mengenakkan dan sering dihadapi oleh kulit lembut bayi mana pun. Jadi, Ibu tidak perlu khawatir apalagi merasa bersalah, ya. 

Kabar baiknya, kondisi ini juga tergolong mudah diatasi. Tentunya, dengan kombinasi penanganan yang tepat antara kasih sayang keluarga dan penggunaan produk yang tepat seperti obat ruam popok yang dijual bebas di apotek. Hindari produk bayi yang mengandung bahan pengawet, parfum dan pewarna serta pilih produk yang  teruji klinis pada kulit bayi untuk memastikan kulit si Kecil tetap terjaga dan terlindungi dengan baik.

Jadi, masalah kulit bayi di area popok? Produk apa yang bisa membantu?

Masalah kulit bayi di area popok contohnya adalah ruam popok bisa muncul kapan saja selama si Kecil masih berada di fase penggunaan popok. 

Kebanyakan kondisi ruam popok akan menimbulkan gejala warna merah pada kulit bayi, luka, bengkak, atau bintik di pantat bayi, paha, dan alat kelamin. 

Ada kemungkinan kulit bayi pada area yang terpapar akan terasa panas ketika disentuh.

Kenali Penyebab Ruam Popok pada Bayi - Seorang ibu mengenakan popok pada bayinya setelah mengoleskan krim Bepanthen

Risiko dari kondisi kulit di area popok bisa berubah seiring dengan perkembangan bayi. 

Pada usia 12 bulan pertama, masalah kulit di area popok contohnya ruam popok umum terjadi. Hal ini karena bayi sering buang air besar, kulitnya lebih tipis dan mudah menyerap, sekaligus pH yang lebih tinggi. Maka dari itu, Ibu perlu menjaga kesehatan kulit di area popok dan memilih produk untuk kulit bayi yang tepat. 

Hal yang mudah dilakukan untuk membantu merawat kulit bayi setiap hari yaitu, dengan menggunakan salep popok bayi saat pergantian popok.

Bila terjadi masalah di area popok seperti ruam popok, Ibu jangan khawatir, karena dapat mencari produk bebas di apotek untuk itu. Jika ruam popok sudah terjadi beberapa hari dan masih terus menyebar di luar area popok, dan ketika ditemukan kulit seperti rusak dan berair disertai demam, maka ada kemungkinan terjadi infeksi. 

Beberapa gejala di atas umum terjadi dan bukan hal yang harus dikhawatirkan. Namun, Ibu tetap harus berkonsultasi dengan dokter.

Bagaimana masalah di area popok memengaruhi bayi Anda?

Hal yang mungkin terjadi adalah saat kondisi bayi terlihat kesakitan atau tidak nyaman–menangis jika disentuh atau saat dimandikan, serta sering terbangun di malam hari.

bayi baru lahir dikenakan popok dan dioleskan krim Bepanthen

Penyebab kondisi masalah di area popok

Penyebab paling umum masalah di area popok seperti ruam popok adalah kombinasi dari popok yang kotor dan adanya gesekan popok dengan kulit. 

Kulit bayi yang halus dan rapuh akan terasa pedih karena bersentuhan dengan campuran urin serta kotoran.

Kondisi ini bisa bertambah parah karena pemakaian popok yang ketat. Selain tidak mendapatkan sirkulasi udara, gesekan bisa menghilangkan lapisan alami pelindung kulit. 

Apabila tidak dirawat dan diobati, dapat menyebabkan infeksi jamur seperti candida albicans pada kulit bayi.

Tidak hanya popok, beberapa tisu basah bayi (baby wipes) dan pembersih lainnya juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi.

Masalah kulit pada area popok seperti pada ruam popok atau merah pada kulit bayi juga bisa dialami apabila:

  • Lahir secara prematur
  • Sakit
  • Pemulihan sehabis vaksin
  • Mengalami diare (disebabkan oleh pengobatan tertentu, seperti antibiotik atau perubahan pola makan)
  • Masa menyapih
  • Kecenderungan mengalami eksim karena keturunan
seorang ibu menggunakan krim popok sebelum memakai popok Bepanthen

Kapan Ibu perlu bertemu dengan dokter?

Ketika masalah pada area popok contohnya ruam popok atau merah pada kulit bayi muncul, cobalah untuk tidak panik. Karena pengobatan untuk kondisi ini telah tersedia yaitu obat bebas yang tersedia di apotek.

Jika ruam yang sudah diobati semakin menjalar, kulit seperti rusak dan berair, juga disertai demam, ada kemungkinan terjadi infeksi pada kulit si Kecil. 

Beberapa gejala di atas merupakan umum terjadi dan bukan menjadi hal yang seharusnya dikhawatirkan. Namun, Ibu sebaiknya tetap perlu berkonsultasi dengan dokter.

bentuk garis merah muda dan abu-abu melengkung ke atas Bepanthen