Kenali Penyebab Ruam Popok pada Bayi | Bepanthen

Ruam Popok Bikin Bayi Ibu Rewel? Yuk, Kenali Penyebab, Jenis & Gejalanya

Bayi yang masih dalam fase penggunaan popok sangat rentan mengalami ruam popok. Ruam popok pada bayi sebenarnya merupakan hal yang umum terjadi. Namun, tentu saja masalah kulit ini harus segera diatasi karena menimbulkan rasa yang tidak nyaman bagi buah hati. 

Si Kecil jadi sering rewel, menangis kesakitan, gelisah hingga tak bisa tidur lelap. Kabar baiknya adalah ruam popok pada bayi tergolong mudah untuk diatasi. Dengan selalu menjaga kebersihan tubuh bayi dan mengaplikasikan salep popok bayi, bayi mungil akan terlindungi dari ruam kemerahan di pantat. Hindari produk bayi yang mengandung bahan pengawet, parfum dan pewarna serta pilih produk yang teruji klinis pada kulit bayi untuk memastikan kulit si Kecil tetap terjaga dan terlindungi dengan baik.

Produk apa yang membantu meringankan ruam popok pada bayi?

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab ruam popok. Diantaranya adalah seringnya terpapar kotoran pada popok dalam jangka waktu lama, popok kotor yang tidak langsung diganti, gesekan dengan permukaan popok yang kasar, hingga penggunaan produk perawatan bayi yang mengandung zat kimia tertentu. Jika penyebab ini tidak dihindari, bisa dipastikan si Kecil akan mengalami kemerahan di daerah pantat, paha dan juga alat kelaminnya. Gejala ruam popok juga mudah dikenali, meliputi kemerahan pada kulit bayi, luka, bengkak dan bintik pada pantat, paha dan alat kelamin, serta terasa panas ketika disentuh.

Kenali Penyebab Ruam Popok pada Bayi - Seorang ibu mengenakan popok pada bayinya setelah mengoleskan krim Bepanthen

Ruam popok parah lebih rentan terjadi pada usia 0 hingga 12 bulan dimana bayi sering buang air besar, berkulit sangat tipis sehingga mudah menyerap yang ada di sekitarnya, dan memiliki pH kulit lebih tinggi. Oleh karena itu, Ibu perlu memberikan perhatian ekstra di rentang waktu ini. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk perawatan ekstra si Kecil adalah dengan memberikan salep anti ruam popok setiap habis mandi atau ganti popok supaya kulitnya terlindungi dari gesekan dengan popok. Namun, jika ruam pada bayi sudah terjadi dan bahkan berubah menjadi luka dan berair, itu artinya ada infeksi sehingga berkonsultasi dengan dokter sebaiknya dilakukan. 

Bagaimana pengaruh ruam popok pada bayi?

Ruam popok pada bayi ditandai dengan kemerahan pada kulit yang terkadang menimbulkan luka dan bengkak sehingga sangat mungkin membuat bayi merasa tidak nyaman karena sakit. Itulah sebabnya ketika ruam popok terjadi buah hati Ibu akan sering menangis kesakitan terutama ketika mandi, gelisah, tak suka disentuh serta sering terbangun di malam hari. Itu juga alasannya mengapa ruam pada pantat bayi harus segera diobati supaya bayi merasa lebih nyaman dan tenang.

bayi baru lahir dikenakan popok dan dioleskan krim Bepanthen

Apa penyebab ruam popok?

Secara umum penyebab ruam popok adalah multifaktor yaitu gesekan kulit bayi dengan popok yang digunakan dan adanya kondisi popok yang ketat, sudah penuh atau kotor namun tidak segera diganti. Bayi akan merasakan perih karena kulitnya yang rapuh bersentuhan dengan urin serta kotoran yang mengandung berbagai mikroorganisme. 

Meskipun bukan kondisi yang mengancam, ruam popok mesti cepat diatasi karena jika tidak diobati, infeksi jamur candida albicans mungkin terjadi. Selain itu, penggunaan produk perawatan bayi yang mengandung alkohol juga berpotensi menyebabkan kemerahan pada kulit seperti yang nampak pada gambar ruam popok.

Kapan ruam popok bisa terjadi?

Ada beberapa kondisi yang membuat bayi lebih rentan terhadap ruam popok. Kondisi tersebut adalah ketika bayi lahir prematur, sedang tidak sehat, dalam masa pemulihan sehabis vaksin, mengalami diare karena antibiotik atau perubahan pola makan, masa menyapih dan memiliki keturunan mengidap eksim. Bayi dengan keadaan di atas lebih mudah terkena berbagai jenis ruam popok sehingga Ibu perlu lebih waspada. 

seorang ibu menggunakan krim popok sebelum memakai popok Bepanthen

Kapan perlu menemui dokter?

Mengingat bahwa ruam popok pada bayi adalah kondisi yang umum terjadi dan dialami banyak ibu, oleh sebab itu Ibu tidak perlu merasa cemas atau panik. Dengan memberikan salep popok bayi yang bisa dibeli bebas di apotek serta menjaga kebersihan kulit buah hati maka kondisi kulit bayi akan berangsur membaik. Namun, jika setelah pemberian salep popok bayi tidak ada perubahan atau bahkan semakin menjalar/parah dan disertai demam, ada baiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter anak karena bisa jadi itu merupakan tanda infeksi.

Kulit bayi yang begitu tipis, lembut dan sensitif membutuhkan perhatian dan perawatan lebih setiap saat. Dengan memahami berbagai hal seputar ruam popok, Ibu jadi lebih tahu bagaimana cara tepat menanganinya. 

LMR-CH20210624-29

 

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia

bentuk garis merah muda dan abu-abu melengkung ke atas Bepanthen