Bayi 8 Bulan Belum Tumbuh Gigi, Apa yang Harus Dilakukan?

Normalnya, gigi pertama bayi mulai tumbuh saat usianya menginjak 6 bulan yang diawali dengan tumbuhnya gigi seri tengah bagian bawah (1). Namun, jika bayi 8 bulan belum tumbuh gigi sekali pun, sebenarnya ini merupakan hal yang normal (1). Oleh karena itu, orang tua tidak perlu khawatir dan menganggap ada sesuatu yang salah. Agar lebih jelas, simak info di bawah ini terkait waktu tumbuh gigi, penyebab dan ciri-ciri yang dapat Anda kenali saat si Kecil mulai tumbuh gigi.

Saat Bayi Mulai Tumbuh Gigi

Ketika bayi 8 bulan belum tumbuh gigi, Anda mungkin bertanya-tanya kapan sebenarnya gigi bayi pertama kali mulai tumbuh? Jawabannya sangat bervariasi, bahkan ada sebagian bayi yang belum memiliki gigi meski usia mereka sudah menginjak 1 tahun. Namun, ada juga bayi yang mulai tumbuh gigi pertama di usia 6 bulan (1,2). Biasanya, gigi yang pertama kali tumbuh adalah gigi depan bawah (gigi seri tengah bawah), dan gigi susu ini akan benar-benar lengkap ketika mereka berusia 3 tahun (2).

Penyebab Bayi 8 Bulan Belum Tumbuh Gigi

Sebagai orang tua yang baik, pastinya perkembangan buah hati selalu dinantikan. Oleh karena itu, ketika si Kecil belum menunjukkan tanda tumbuh gigi, wajar saja jika Anda khawatir ada sesuatu yang tidak beres. Gigi yang belum juga tumbuh ketika ia berusia 8 bulan merupakan hal yang wajar dan bukan sesuatu yang perlu Anda khawatirkan. Namun, terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab bayi 8 bulan belum tumbuh gigi, di antaranya adalah:

  • Faktor genetik. Genetika yang diturunkan oleh orangtua merupakan faktor penyebab bayi mengalami keterlambatan dalam tumbuhnya gigi pertama (2).
  • Kekurangan nutrisi. Salah satu faktor bayi 8 bulan belum tumbuh gigi adalah karena malnutrisi. Kekurangan gizi dapat menyebabkan gigi bayi tumbuh terlambat. Nutrisi yang cukup mulai dari masa kehamilan sampai usia kanak-kanak sangat penting untuk menunjang pertumbuhannya (2).
  • Bayi lahir prematur. Bayi yang terlahir secara prematur memiliki risiko lebih tinggi mengalami keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan, termasuk tumbuhnya gigi pertama (2).
  • Kondisi medis. Ada beberapa kondisi kesehatan yang menyebabkan bayi 8 bulan belum tumbuh gigi, seperti kelainan hormon atau sindrom tertentu seperti Down Syndrome (1).

Ciri-ciri Bayi Mulai Tumbuh Gigi

Jika bayi 8 bulan mulai tumbuh gigi pertama, tanda-tanda yang muncul di antaranya adalah:

  • Bayi menjadi sering rewel dan menangis karena merasa tidak nyaman. Meski tidak semua bayi akan rewel saat tumbuh gigi (2), namun biasanya saat tumbuh gigi, bayi merasa sangat tidak nyaman dan menangis (2,3).
  • Gusi bengkak. Di lokasi tumbuh gigi, gusi di sekitar gigi mungkin bengkak dan lunak, dan bayi mungkin mengeluarkan air liur lebih banyak dari biasanya. Orang tua dapat membantu meringankan sakit gigi dengan memijat gusi bayi secara perlahan dengan jari yang bersih (2).
  • Bayi mengalami perubahan pola tidur. Tumbuh gigi pertama adalah pengalaman yang belum pernah dialami bayi Anda sebelumnya. Sensasi yang mereka rasakan di dalam mulut merupakan sesuatu yang benar-benar baru dan kemungkinan besar cukup membingungkan. Pada umumnya, bayi akan merasa tidak nyaman dan kadang-kadang termasuk dengan terganggunya jadwal tidur di malam hari (3).
  • Bayi menggosok pipi dan atau menarik telinganya. Ketika ia mulai tumbuh gigi, bayi akan merasa tidak nyaman dan mulai menarik telinganya sendiri, terutama di sisi yang sama dengan bagian gigi yang mulai tumbuh (3).
  • Bayi mulai memasukkan apa saja ke mulutnya. Karena bayi sangat suka mengunyah barang apapun yang ada di depan matanya, terutama saat tumbuh gigi, Anda akan menemukan si Kecil menggigit selimut, mainan, ataupun jari orang tua (4).
  • Demam ringan. Bayi akan mengalami demam ringan, tetapi suhunya tidak lebih dari 38 derajat celcius. Ketika mulai tumbuh gigi, suhu tubuh bayi mungkin mulai sedikit meningkat. Jika bayi Ibu terlihat sangat tidak nyaman, konsultasikan dengan dokter anak untuk pemberian obat anti demam dengan dosis yang sesuai dengan usia dan berat badannya (2).

Agar Bayi Tumbuh Gigi Lebih Cepat dan Nyaman

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan gigi pada bayi 8 bulan, di antaranya adalah:

  • Perbanyak vitamin D dan kalsium. Asupan vitamin D dan kalsium sebenarnya tidak hanya disarankan oleh dokter kandungan saat bayi mulai lahir, namun mulai dari ibu mengandung, karena pertumbuhan gigi anak dapat didorong mulai dari masa kehamilan. Oleh karena itu, memberi asupan vitamin D dan Kalsium dapat membantu si Kecil untuk menunjang pertumbuhan giginya (5).
  • Pijat dan bersihkan gusi bayi secara teratur. Pijat gusi bayi dengan cara menggosoknya secara lembut menggunakan jari. Pastikan jari Anda sudah disterilkan sebelum memasukkannya ke dalam mulut bayi (6).
  • Membiarkan bayi menggunakan teether. Saat akan membeli teether, sebaiknya Anda memilih jenis teether yang bentuknya nyaman dipegang dan aman untuk dimasukkan ke dalam mulut si Kecil. Teether yang terlalu besar ataupun kecil dapat membahayakan keselamatannya (4).
  • Memberikan finger foods. Finger foods seperti potongan roti, buah pisang atau alpukat yang dihaluskan dapat membantu bayi dalam pertumbuhannya. Ingat, jenis makanan ini harus yang mudah dikunyah, karena si Kecil belum memiliki gigi yang sempurna (7).

CH-20220131-15

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia

Referensi:

  1. Kirsten Nunez. When to See a Dentist About Your Child’s Baby Teeth Not Coming In. Healthline. Diakses pada 21 Desember 2021 dari https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/when-to-worry-about-baby-teeth-not-coming-in 

  2. Dina DiMaggio. Baby’s First Tooth. 7 Facts Parents Should Know. Healthy Children. Diakses pada 21 Desember 2021 dari https://www.healthychildren.org/English/ages-stages/baby/teething-tooth-care/Pages/Babys-First-Tooth-Facts-Parents-Should-Know.aspx 

  3. Steven Lin. A Guide to Infant Teething. Very Well Health. Diakses pada 21 Desember 2021 dari https://www.verywellhealth.com/a-guide-to-infant-teething-4047462 

  4. Dipika Mirpuri. Why Do Babies Like Teethers? Very Well Family. Diakses pada 21 Desember 2021 dari https://www.verywellfamily.com/why-do-babies-like-teethers-3255327 

  5. Dr Jarod. Arctic Dental. Does Calcium Strengthen Teeth for Children? Diakses pada 22 Desember 2021 dari https://www.arcticdental.com/does-calcium-strengthen-teeth-for-children/ 

  6. Hansa D Bhargava. Teething. Web MD. Diakses pada 22 Desember 2021 dari https://www.webmd.com/parenting/baby/teething-symptoms-remedies#1 

  7. Renee A. Alli. Introducing Finger Foods. Web MD.  Diakses pada 22 Desember 2021 dari https://www.webmd.com/parenting/baby/introducing-finger-foods 

bentuk garis merah muda dan abu-abu melengkung ke atas Bepanthen