Manfaat Vitamin B5 Untuk Kulit Bayi dan Ibu Menyusui

Banyak informasi yang harus Ayah dan Ibu ketahui dalam merawat bayi. Selain mencukupi kebutuhan nutrisinya setiap hari, menjaga kesehatan kulit bayi terutama yang baru lahir sangatlah penting karena kulitnya yang sensitif dan rentan terhadap ruam serta iritasi (1). Oleh karena itu, penting bagi para orangtua untuk memahami berbagai keluhan kulit bayi. Info di bawah ini akan membantu untuk mengenal lebih jauh tentang manfaat vitamin B5 untuk kulit bayi dan ibu yang sedang dalam masa menyusui.

Apa Itu Vitamin B5?

Vitamin B5 (disebut juga dengan asam pantotenat) (2) adalah vitamin dari kelompok vitamin B yang mampu larut dalam air, membantu menghasilkan energi dalam tubuh dengan cara memecah lemak serta karbohidrat (3). Selain itu, vitamin B5 juga terkenal dengan keunggulannya yang dapat merawat kesehatan kulit, rambut, dan mata (2,3). Dengan kata lain, vitamin B5 juga merupakan salah satu vitamin yang terpenting bagi keberlangsungan hidup manusia.

Manfaat Vitamin B5

Karena khasiatnya yang serbaguna, vitamin B5 sering ditambahkan ke berbagai produk untuk perawatan rambut, kulit, bahkan make up (2). Di bawah ini merupakan daftar manfaat vitamin B5 untuk kulit bayi maupun ibu menyusui, di antaranya adalah:

  1. Melembabkan kulit bayi
    Manfaat vitamin B5 untuk kulit bayi yang pertama adalah untuk melembabkan kulit. Dekspanthenol merupakan nama bahan yang terbuat dari vitamin B5 dan seringkali digunakan dalam produk salep dan losion yang berfungsi untuk melembabkan kulit (2). Kulit kering biasanya disebabkan oleh hilangnya kadar air di lapisan teratas kulit, dan pelembab biasanya bekerja dengan membentuk lapisan berminyak di bagian tersebut (4). Jika kulit si Kecil terasa kering, Ibu bisa mencoba untuk mengoleskan pelembab yang mengandung vitamin B5.
  2. Membantu melindungi dari iritan penyebab ruam popok
    Kandungan Vitamin B5 sering digunakan sebagai bahan untuk membantu kulit bayi yang terkena ruam popok. Jika Ibu ingin menggunakan produk yang mengandung vitamin B5 untuk perlindungan terhadap ruam popok, bersihkan dahulu area selangkangan bayi dengan baik sebelum digunakan dan biarkan area tersebut mengering sebelum mengaplikasikan produk (3).
  3. Merawat puting ibu menyusui
    Memberikan ASI eksklusif sangat penting bagi pertumbuhan si Kecil, namun banyak juga kasus puting lecet yang juga menimpa ibu menyusui karena biasanya bayi menghisap terlalu kencang atau salah posisi ketika menyusui. Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengoleskan krim yang mengandung Dekspanthenol dapat menurunkan trauma atau lecet pada puting ketika menyusui (5).
  4. Membuat rambut lebih berkilau
    Manfaat Vitamin B5 untuk bayi ternyata juga dapat digunakan dalam produk perawatan rambut. Panthenol, yang merupakan sebuah senyawa yang dapat ditemukan dalam vitamin B5 telah terbukti mampu menambah volume rambut dan membuatnya menjadi lebih berkilau (2).

Jika Ibu melihat gejala di atas terjadi pada buah hati, segera cek bagian pantat, paha dan alat kelaminnya. Siapa tahu ruam kemerahan menjadi penyebab rasa tidak tenangnya. Jika memang itu gejala ruam popok tersebut akan lebih mudah bagi Ibu untuk mengatasi ruam popok si Kecil.

Cara Penggunaan Vitamin B5

Vitamin B5 banyak digunakan sebagai bahan yang membantu mengatasi masalah kulit. Untuk membantu kulit yang memiliki masalah seperti ruam popok pada bayi, iritasi dan puting lecet pada ibu menyusui, vitamin B5 biasanya tersedia dalam bentuk krim atau salep. (3,4,5).

CH-20211213-09

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia

Referensi:

  1. Jenna Fletcher. How to Know if Your Baby Has Sensitive Skin. Healthline Diakses pada 5 Desember 2021 dari https://www.healthline.com/health/baby/signs-of-sensitive-baby-skin 

  2. Rebecca Moris. What Does Vitamin B5 Do? Healthline. Diakses pada 21 November 2021 dari https://www.healthline.com/health/vitamin-watch-what-does-b5-do#additional-uses 

  3. Adam Felman. What To Know About Vitamin B5. Medical News Today. Diakses pada 21 November 2021 dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/219601 

  4. Web MD Team. Dexpanthenol Topical: Uses, Side Effects, and More. Web MD. Diakses pada 21 November 2021 dari https://www.webmd.com/drugs/2/drug-75143/dexpanthenol-topical/details 

  5. Mahnaz Shanazi, dkk. Comparison of the Effects of Lanolin, Peppermint, and Dexpanthenol Creams on Treatment of Traumatic Nipples in Breastfeeding Mothers. Journal of Caring Sciences. Diakses pada 22 November 2021 dari https://www.researchgate.net/publication/344980480

bentuk garis merah muda dan abu-abu melengkung ke atas Bepanthen