Daftar Tas Perlengkapan Bayi Sebelum Lahir

Mempersiapkan kelahiran si Kecil memang membuat kita bersemangat. Di antara sekian banyak perlengkapan yang perlu disiapkan, salah satu yang tidak boleh sampai terlupa adalah tas perlengkapan bayi. Bayi membutuhkan banyak perlengkapan. Tas perlengkapan bayi akan seperti “rumah” Anda. Pilih tas dengan banyak kantong (1). Fungsi tas ini sangat vital untuk membawa semua kebutuhannya mulai saat persalinan hingga bayi dapat diajak bepergian. Dengan tas perlengkapan bayi yang sesuai, baju, popok, bedak hingga botol susu tidak akan tercecer ataupun tertinggal.

Cara Memilih Tas Perlengkapan Bayi

Menariknya, di luar sana ada begitu banyak jenis dan model tas perlengkapan bayi yang bukan hanya fungsional tapi juga stylish. Beragam ukuran tas juga tersedia, mulai dari yang kecil dan hanya bisa memuat beberapa baju saja hingga yang berukuran jumbo untuk membawa pakaian hingga peralatan makannya (2). Nah, supaya tidak salah pilih dan mendapatkan tas sesuai dengan kebutuhan Moms dan si Kecil, yuk simak tips praktis memilih tas perlengkapan bayi berikut ini:

  1. Pertimbangkan ukuran tas 
    Hal pertama yang perlu dipertimbangkan dalam memilih tas perlengkapan bayi adalah ukurannya, yang disesuaikan dengan rencana penggunaannya. Jika Moms hendak mencari tas untuk membawa semua perlengkapan bayi sekaligus tanpa harus menenteng tas lainnya, maka tas perlengkapan bayi berukuran besar akan menjadi pilihan terbaik (2)

    Tapi sebaliknya, jika Moms akan menggunakannya untuk bepergian santai dan tidak makan waktu lama, tas perlengkapan bayi berukuran kecil hingga sedang akan lebih baik. Ini karena tas di ukuran tersebut lebih praktis dan compact namun tetap bisa menjalankan fungsinya dengan baik.
  2. Cek jumlah ruang dan kantong tas 
    Namanya bayi pasti punya banyak sekali barang kebutuhan mulai yang berukuran besar hingga pernak-pernik kecil yang mudah terselip. Supaya semua barang tersebut bisa dibawa kemanapun pergi, ada baiknya Moms memilih tas untuk perlengkapan si Kecil dengan jumlah ruang dan kantong yang cenderung banyak serta mudah diakses (3)

    Dengan kantong yang lebih dari satu, akan lebih mudah untuk menyimpan semua perlengkapan anak dan mengelompokkannya berdasarkan jenisnya, misalnya baju, alat kebersihan dan bahan makanannya (1,4).
  3. Pilih model yang paling nyaman 
    Selain masalah ukuran, model tas bayi juga perlu dipikirkan mengingat sekarang ada banyak sekali bentuk tas yang tersedia. Moms bisa memilih model yang paling sesuai dengan preferensi, mulai dari tas jinjing konvensional, tote bag hingga yang berbentuk ransel (2)

    Namun, bila tas perlengkapan bayi yang mau dibeli akan digunakan untuk bepergian, model ransel akan lebih praktis untuk dibawa kemana-mana tanpa menimbulkan rasa pegal pada tulang karena beban ditahan oleh punggung.
  4. Pilih bahan yang mudah dibersihkan
    Nah, terakhir adalah pilih bahan tas yang bukan hanya lentur, lembut dan kuat tapi juga harus mudah dibersihkan. Namanya bepergian bersama bayi pasti ada saja yang membuat tasnya kotor. Jika tasnya mudah dibersihkan baik dengan cara dilap maupun dicuci, kebersihannya akan lebih terjaga. Tampilan tas pun akan nampak selalu bagus terawat (2).

Daftar Perlengkapan Bayi yang Wajib Dibawa, Apa Saja?

Selain menemukan tas perlengkapan bayi yang tepat dan nyaman dibawa kemana-mana, Moms juga perlu tahu perlengkapan apa saja yang harus selalu ada di dalamnya. Tujuannya adalah supaya kapanpun dibutuhkan, Moms tidak harus bingung mencari-cari dan buah hati pun lebih nyaman. Perlengkapan bayi tersebut meliputi:

  • Popok. Sertakan minimal 5 lembar popok untuk berjaga-jaga saat bepergian (4).
  • Pakaian ganti. Hal tak terduga bisa saja terjadi pada buah hati, contohnya seperti muntah atau diare sehingga kita perlu mempersiapkan baju ganti untuknya (5).
  • Kantong untuk membuang popok kotor. Apabila di luar ruangan Moms belum menemukan tempat sampah, gunakan kantong ini untuk membungkus popok kotor (5).
  • Tisu basah dan kering. Bepergian dengan si Kecil membutuhkan peralatan kebersihan seperti tisu basah dan kering untuk membersihkan bagian kulitnya dari kotoran (3,5).
  • Hand sanitizer. Ketika bepergian, mungkin Moms akan kesulitan untuk menemukan air dan sabun. Untuk sementara, gunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan setelah selesai menggantikan popok (5).
  • Selimut. Selimut lembut juga perlu dibawa karena dapat melindunginya dari cuaca dingin maupun tipuan angin kencang (5).
  • Topi dan tabir surya. Topi dapat melindungi si Kecil dari panasnya sinar matahari ketika berada di luar ruangan. Jika ia sudah berusia di atas 6 bulan, Moms bisa memberikannya tabir surya yang aman untuk bayi dan balita (5).
  • Salep popok bayi. Salep popok bayi atau salep ruam popok untuk perlindungan dari risiko ruam popok (3,5).
  • Dot. Jika Moms menggunakan dot untuk si Kecil, bawalah minimal 2 buah dalam bungkus atau wadah steril yang tertutup rapat (4).

CH-20220615-25

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia

Referensi:

  1. Stephanie Watson. Diaper Bag Checklist. Web MD. Diakses pada 21 April 2022 dari https://www.webmd.com/baby/diaper-bag-checklist.

  2. The Healthline Editorial Team. The Best Diaper Bags. Healthline. Diakses pada 21 April 2022 dari https://www.healthline.com/health/new-parent/best-diaper-bags#what-to-look-for.

  3. Stephanie Watson. Diaper Bag Checklist. Web MD. Diakses pada 21 April 2022 dari https://www.webmd.com/baby/diaper-bag-checklist.

  4. Sara Lindberg. Diaper Bag Essentials: What Do You Really Need?. Healthline. Diakses pada 21 April 2022 dari https://www.healthline.com/health/diaper-bag-essentials#essentials.

  5. Olga Adelreyko, MD. Diaper Bag Essentials: A Complete List. Flo Health. Diakses pada 21 April 2022 dari https://flo.health/being-a-mom/your-baby/baby-care-and-feeding/diaper-bag-essentials.

bentuk garis merah muda dan abu-abu melengkung ke atas Bepanthen