10 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Dipersiapkan

10 Perlengkapan Wajib untuk Menyambut Kelahiran Buah Hati

10 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Perlu Dipersiapkan | Bepanthen - Peralatan penting untuk bayi baru lahir

Menunggu saat kelahiran buah hati membuat Ibu merasa harap-harap cemas, terutama jika ini merupakan kelahiran anak pertama. Semua kebutuhan bayi baru lahir telah dipersiapkan jauh-jauh hari agar tidak ada yang terlewat. Bahkan saking semangatnya terkadang benda-benda yang mungkin tidak begitu diperlukan juga masuk ke dalam daftar belanja keperluan bayi baru lahir. 

Kendati merupakan hal yang wajar, Ibu tetap perlu memastikan semua perlengkapan bayi baru lahir yang nantinya diperlukan tak boleh sampai tertinggal. Berikut ini adalah 10 perlengkapan wajib yang harus disiapkan supaya Ibu dan si Kecil merasa nyaman di hari-hari awal setelah persalinan. 

1. Pakaian yang nyaman

Mempersiapkan pakaian yang nyaman adalah hal pertama yang wajib dilakukan. Pasalnya, ketika melahirkan Ibu akan mengalami proses yang melelahkan sehingga pakaian berbahan adem dapat membantu memberikan rasa santai dan nyaman. Bawalah beberapa potong pakaian yang cocok dan nyaman digunakan saat melahirkan dan sesudahnya, misalnya saja daster, midi dress, atau jenis pakaian lain yang gampang dibuka dan dilepaskan untuk memudahkan saat perlu berganti pakaian. 

2. Pembalut wanita

Barang kedua yang perlu dimasukkan dalam daftar perlengkapan melahirkan adalah pembalut wanita. Setelah melahirkan Ibu akan mengalami perdarahan selama beberapa hari yang bertujuan untuk membersihkan rahim. Itulah sebabnya Ibu membutuhkan pembalut wanita yang tepat supaya bisa menampung darah yang keluar. Saat ini, pembalut wanita khusus melahirkan sudah banyak tersedia sehingga akan mudah untuk mendapatkannya. Supaya lebih nyaman, Ibu bisa memilih pembalut dengan model celana dalam sekali pakai yang mudah untuk diganti. 

3. Pelembap bibir

Ada kalanya bibir menjadi sangat kering hingga pecah-pecah setelah melahirkan. Hal ini mungkin disebabkan oleh kurangnya cairan, banyaknya keringat yang keluar saat melahirkan hingga pengambilan nafas yang terengah-engah di tengah prosesnya. Karena alasan inilah pelembab bibir atau lim balm juga perlu dimasukkan ke dalam kebutuhan bayi baru lahir. Selain menjaga penampilan agar tetap segar, menggunakan pelembab bibir akan menjadikan kulit bibir lebih sehat dan lembab sehingga Ibu tidak merasakan perih yang mengganggu. 

4. Peralatan Mandi Bayi

Ibu tidak boleh lupa untuk menyiapkan alat mandi bayi yang meliputi bak mandi, sabun, sampo, bedak dan juga berbagai jenis minyak yang dapat membuat bayi merasa hangat dan nyaman. Dengan demikian, Ibu tidak akan kesulitan merawat bayi yang baru lahir dan merasa lebih tenang karena sudah memersiapkan segalanya. 

pakai bayi Bepanthen

5. Baju bayi dan selimut

Jika perlengkapan sebelumnya lebih banyak untuk Ibu, maka kini saatnya memerhatikan barang-barang untuk si Kecil. Baju bayi dan selimut adalah dua hal yang wajib ada dalam jumlah banyak sebab dalam sehari bayi baru lahir bisa menghabiskan banyak pasang pakaian. Ketika memersiapkan baju bayi dan juga selimutnya, pastikan materialnya nyaman dan aman dipakai sebab kulit bayi begitu sensitif. Ada baiknya juga memilih baju bayi dengan ukuran sedikit lebih besar supaya tidak cepat kekecilan. Ibu bisa memilih beberapa stel baju berkancing dan celana pop serta rok yang lucu untuk perlengkapan bayi perempuan. Sedangkan untuk perlengkapan bayi laki-laki, stelan keren dengan motif bola atau hewan pasti lucu dikenakan, disamping pakaian sehari-harinya. 

Krim Bepanthen

6. Salep Popok Bayi

Meskipun simpel dan nyaman, penggunaan popok bayi sekali pakai berpotensi menimbulkan ruam popok mengingat kondisi kulit baru lahir sangatlah rentan. Selain sering mengganti popok, Ibu juga harus siap dengan salep popok bayi yang digunakan setiap setelah ganti popok. Penggunaan salep ini bertujuan untuk mencegah gesekan antara kulit dengan popok sehingga terlindungi dari terjadinya ruam popok. Mengingat fungsinya yang sangat penting ini, pastikan salep popok bayi selalu ada baik di rumah maupun dalam tas berpergian.

7. Empeng

Ada kalanya bayi ingin menghisap-hisap meskipun tidak ingin minum susu. Itulah sebabnya empeng menjadi perlengkapan selanjutnya yang harus dipersiapkan. Meskipun nantinya akan jarang digunakan, memiliki set empeng yang sudah disterilkan akan membantu Ibu dan bayi merasa aman sebab kapanpun membutuhkannya, empeng sudah siap digunakan.

8. Tisu

Membawa tisu sebagai bagian dari perlengkapan mandi bayi adalah keputusan yang bijak. Kendati Ibu juga bisa menggunakan kain untuk membersihkan tumpahan susu atau yang lain, terkadang tisu bekerja lebih baik untuk menyerap cairan dan membersihkan kotoran. Saat mengganti popok pun, keberadaan tisu juga sangat membantu ketimbang harus repot menggunakan kapas dan air yang rawan tumpah. Itulah sebabnya menyediakan tisu basah non-alkohol dan juga tisu kering tak boleh sampai dilewatkan.

9. Muslin atau Kain Bedong

Muslin adalah kain katun lembut yang memiliki beragam fungsi. Ibu bisa menggunakannya sebagai alas untuk mengganti baju bayi yang diletakkan di atas perlak sehingga kulitnya hanya bersentuhan dengan kain yang lembut. Tak heran bila muslin ini juga biasa dimasukkan ke dalam daftar peralatan mandi bayi. Selain itu muslin juga bisa digunakan untuk penutup ketika Ibu sedang menyusui atau membersihkan tumpahan. 

10. Topi atau penutup kepala

Sampai usia 2 tahun, tubuh bayi cenderung tidak bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri. Itulah sebabnya Ibu harus ekstra protektif dengan selalu menyediakan topi atau penutup kepala lainnya demi menjaga suhu tubuh bayi tetap hangat. Apalagi jika membawa si Kecil keluar rumah baik untuk berjemur atau sekedar mencari udara segar, pastikan topi dengan bahan yang lembut dan nyaman selalu ada dalam jangkauan. 

LMR-CH20210624-27

bentuk garis merah muda dan abu-abu melengkung ke atas Bepanthen