Cara Memahami Bos Kecil Yang Sedang Rewel

Ketika bayi kita terus-menerus rewel, mungkin akan membuat Moms bingung apa penyebab utama saat si Bos Kecil menangis tanpa henti, terutama untuk Moms yang baru pertama kali memiliki anak. Sebenarnya, menangis merupakan perilaku yang normal pada bayi. Rata-rata, bayi menghabiskan waktu selama 2-3 jam per hari untuk menangis sebagai cara berkomunikasi karena bayi belum bisa berbicara (1).

Daftar Penyebab Bayi Sering Rewel (1)

Ada berbagai faktor kenapa bayi rewel, baik pada saat siang ataupun malam hari. Beberapa penyebab yang paling sering di antaranya adalah:

  • Perut terasa lapar.
  • Nyeri pada bagian tubuh tertentu.
  • Sedang mengalami sakit.
  • Kelelahan.
  • Mencari perhatian.
  • Kebiasaan tidur ingin digendong.
  • Tidak nyaman (contoh: popok basah, mengalami ruam popok, kedinginan/kepanasan).
circle_1-cara-memahami-bos-kecil-yang-sedang-rewel

Mengenali Tipe Tangisan bayi Berdasarkan Penyebabnya (2)

Tangisan bayi adalah sebuah sinyal untuk memberi tahu Moms bahwa Ia sedang menginginkan sesuatu. Mungkin Ia sedang membutuhkan makan karena lapar, atau butuh segera diganti popoknya karena basah dan sebagainya. Menurut bahasa Dunstan (bahasa untuk mengenali tangisan bayi), setidaknya ada 5 tipe suara yang bisa Moms perhatikan untuk mengartikan tangisan si Bos Kecil:

  • Neh = “Aku lapar!”.
  • Eh = “Aku mau sendawa!”.
  • Eairh atau earggghh = Perut kembung atau ingin pup.
  • Heh = Merasa enggak nyaman (panas, dingin, atau basah bahkan mengalami ruam popok).
  • Oah = “Aku ngantuk!”.
     

Cara Mengatasi Bos Kecil yang Menangis Terus (3)

Penting bagi Moms untuk mengetahui penyebabnya agar masalah utamanya dapat segera diatasi. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi Bos Kecil yang tidak berhenti menangis adalah:

  1. Memandikan bayi dengan air hangat. Sebagian bayi menjadi lebih tenang setelah dimandikan dengan air hangat.
  2. Memijat tubuh bayi dengan lembut. Agar si Kecil lebih rileks, usap dan pijat lembut punggungnya dengan minyak pijat khusus untuk bayi.
  3. Menyelimuti bayi dengan kain (bedong). Dengan menyelimutinya, bayi juga dapat merasa lebih nyaman dan hangat karena merasa seperti di dalam ketuban.
  4. Mengayun bayi dalam gendongan. Menenangkan si Bos Kecil dapat dilakukan dengan menggendong/membawanya dalam perjalanan singkat dengan menggunakan mobil.
  5. Memutar atau menyanyikan musik. Selain cara di atas, Moms juga bisa memutarkan suara atau lagu pelan yang bisa membantunya lebih tenang.
  6. Memberi susu atau makanan apabila bayi lapar. Cek apakah ketika si Kecil menangis di saat waktunya untuk makan, atau perutnya sudah kosong.
  7. Memeriksa keadaan popok bayi. Bayi akan menangis ketika Ia merasa popoknya sudah terisi penuh atau kotor. Cobalah untuk memeriksa popoknya, sebab bisa jadi si Kecil mengalami ruam popok.

Jika Bayi Masih Rewel….

Apabila perutnya sudah kenyang dan telah mendapatkan waktu istirahat yang cukup namun masih tetap rewel, bisa jadi penyebabnya adalah karena ruam popok. Ruam popok merupakan salah satu penyebab Bos Kecil menjadi rewel dan menangis terus menerus, karena dapat mengakibatkan rasa gatal dan nyeri yang menyebabkan bayi menjadi menangis karena kesakitan dan tidak nyaman.4 Untuk mencegah Bos Kecil rewel tanpa henti karena ruam popok, selalu oleskan salep popok bayi yang mengandung formula lembut seperti Dekspanthenol (Vitamin B5), yang dapat digunakan dengan aman setiap hari.

Itulah beberapa penyebab Bos Kecil sering rewel dan cara mengatasinya. Satu hal yang penting, Moms sebagai orang tua harus tetap tenang dalam menghadapinya. Kalau Moms merasa stres, bayi justru akan bisa merasakannya dan ada kecenderungan Ia akan bereaksi negatif, sehingga menyebabkan tangisannya semakin kencang.

CH-20220621-19

Artikel ini ditulis oleh:
dr. Reza Dirgahayu Putri

Artikel ini ditinjau oleh:
Tim Konsultan Medis Medical Advisor Bayer Consumer Health Indonesia

Referensi:

  1. Anurogo D. Manajemen Menangis pada Bayi. CDK. 2019 ; 46 ; 8 - 13.

  2. Ji C, et al. A Review of Infant Cry Analysis and Classification. EURASIP Journal on Audio, Speech, and Music Processing. 2021: 8. 

  3. NHS. Soothing s Crying Baby.  Available at : https://www.nhs.uk/conditions/baby/caring-for-a-newborn/soothing-a-crying-baby/

  4. Pediatric Department Kingston Hospital. Nappy Rash. Available at : https://kingstonhospital.nhs.uk/wp-content/uploads/2021/04/A0124-Nappy-rash.pdf

bentuk garis merah muda dan abu-abu melengkung ke atas Bepanthen