Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi | Bepanthen Indonesia

Jangan Panik! Berikut Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi serta Pencegahannya Sehari-Hari.

Penggunaan popok sekali pakai untuk bayi sangat membantu dalam hal kebersihan dan juga kemudahan perawatan. Namun demikian, masalah kulit bayi di area popok menjadi sebuah kondisi yang sering terjadi. Kendati tidak memicu penyakit serius kemerahan yang terjadi tentu membuat si Kecil merasa tak nyaman karena perih dan gatal. Untuk itulah Ibu perlu tahu bagaimana cara mengatasi ruam popok bayi dengan tepat.

bayi baru lahir dikenakan popok dan dioleskan krim Bepanthen

Gejala ruam popok

Ruam popok merupakan gangguan kesehatan kulit akibat gesekan dengan popok, kulit yang basah serta kontak dengan kotoran bayi dalam jangka waktu lama. Gejala ruam popok yang akan langsung terlihat meliputi:

  • Kemerahan, luka, bengkak atau bintik di area pantat bayi, paha, pangkal paha dan alat vital
  • Kulit bayi terasa panas ketika disentuh
  • Adanya sikap bayi yang tidak biasa karena merasa tidak nyaman atau kesakitan, seperti gelisah, menangis ketika disentuh atau dimandikan, serta sering terbangun di malam hari.

Jika Ibu melihat gejala di atas terjadi pada buah hati, segera cek bagian pantat, paha dan alat kelaminnya. Siapa tahu ruam kemerahan menjadi penyebab rasa tidak tenangnya. Jika sudah ketahuan begini akan lebih mudah bagi Ibu untuk mengatasi ruam popok tersebut.

Mencegah masalah kulit di area popok

Cara mengatasi ruam popok pada bayi sebenarnya bukan hal yang sulit. Sudah banyak referensi yang bisa Ibu baca dan juga saran dari para ahli bagaimana cara mengatasi ruam popok yang benar. Namun demikian, ingatlah selalu bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Ketika Ibu tahu cara mengatasi ruam popok, pastikan langkah pencegahan sudah dilakukan sebelumnya.  
 
Ruam popok bisa diantisipasi dengan cara menjaga kebersihan tubuh bayi dimana popok yang sudah kotor atau penuh harus langsung diganti untuk mengurangi kontak kulit bayi dengan kotoran. Selain itu, berikan jeda untuk bayi tidak memakai popok misalnya sesaat setelah mandi atau sehabis berganti popok. 

Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi kulit untuk bernafas dengan bebas sehingga permukaannya bisa kering maksimal dan tidak mengundang ruam atau gatal. Yang terakhir, gunakan produk perawatan bayi dengan formulasi lembut dan aman untuk kulit si Kecil. Dalam hal ini, penggunaan salep popok bayi direkomendasikan demi mengurangi gesekan langsung antar kulit dengan popok yang dipakai. Selain sebagai pencegahan, poin ini juga bisa dijadikan cara mengatasi ruam popok bayi.

Proteksi pada kulit bayi di area popok

Cara mengatasi ruam popok bisa dimulai dari melindungi kulit buah hati. Perlindungan yang bisa Ibu berikan adalah dalam bentuk:

seorang ibu menggunakan krim popok sebelum memakai popok Bepanthen
  • Rutin mengganti popok bayi, misalnya 2 atau 3 jam sekali supaya kulitnya tidak terlalu lama bersentuhan dengan pipis atau kotorannya. Idealnya, bayi sebaiknya berganti popok antara 5 hingga 7 kali dalam sehari. Jika bepergian, jangan lupa membawa popok dalam jumlah cukup supaya kulit bayi senantiasa bersih
  • Menggunakan ukuran popok yang sesuai, tidak ketat maupun terlalu longgar sehingga mencegah terjadinya gesekan kulit dengan popok yang dapat memperparah ruam popok
  • Membiarkan bayi tanpa popok untuk beberapa saat setiap hari. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kulit juga butuh waktu untuk bernafas. Membiarkan bagian pantat, paha dan juga alat kelaminnya bebas terpapar udara akan membuat kulit lebih sehat dan jauh dari kemerahan. Ini juga bisa digunakan sebagai metode mengobati ruam popok
  • Bersihkan pantat bayi dengan arah yang benar yakni depan ke belakang, baik dengan menggunakan kapas dan air hangat maupun tisu basah bebas alkohol
  • Ketika bayi perlu mandi, gunakan air suam-suam kuku, sabun bayi dengan formula lembut dan juga handuk berbahan lembut. Setelah mandi biarkan bagian pantat bayi kering sendirinya karena paparan udara. Ini bisa menjadi salah satu cara mengobati ruam popok pada bayi laki-laki dan perempuan
  • Oleskan salep popok bayi atau salep pelindung (barrier ointment) setiap habis mandi dan mengganti popok. Salep dengan kandungan emolien dan pro vitamin B5 sangat baik digunakan sebagai perlindungan kulit bayi dari ruam popok karena bisa menjaga kelembaban kulit dan mengurangi gesekan kulit bayi dengan popok. 

Pilihlah produk salep popok bayi yang berkualitas dan mengandung bahan-bahan yang diperlukan bagi kulit bayi. Hindari kandungan pewangi, pewarna, dan pengawet untuk kulit bayi Anda.

Banyak sekali rekomendasi ahli soal cara mengatasi ruam popok pada bayi, sehingga Ibu akan selalu tahu apa yang harus dilakukan ketika bayi mengalami hal ini. Terlepas dari cara mengatasi ruam popok pada bayi yang dilakukan, pastikan Ibu sudah melakukan langkah pencegahannya terlebih dahulu.

LMR-CH20210624-30

bentuk garis merah muda dan abu-abu melengkung ke atas Bepanthen