Kenali Gejala dan Tanda Bayi Tumbuh Gigi | Bepanthen

Kenali Gejala Bayi Tumbuh Gigi dan Cara Alami Mengatasinya

Memasuki periode tumbuh kembang bayi usia 6 bulan, si Kecil yang biasanya tampak bahagia dan tenang mungkin akan mulai terlihat gelisah. Hal ini dikarenakan bayi memasuki masa tumbuh gigi yang membuatnya mengalami berbagai gejala berupa sakit dan bengkak pada gusi, air liur semakin banyak, hingga ruam popok

Meskipun beberapa bayi mengalami masa tumbuh gigi yang pertama sekitar usia 4-5 bulan, ada juga yang baru mulai tumbuh gigi di kisaran usia 7-9 bulan. Tanda bayi tumbuh gigi pun sama, yakni merasa sangat kesakitan, terlebih bila ini merupakan kali pertama bayi tumbuh gigi. 

Jadi, cara apa yang bisa ayah dan ibu lakukan agar bayi merasa lebih baik meski sedang melalui fase tumbuh gigi?

Kenali Gejala dan Tanda Bayi Tumbuh Gigi | Bepanthen - Bayi tertidur lelap setelah dioleskan krim Bepanthen

Cara mengenali bayi sedang tumbuh gigi?

Ada beberapa bayi yang cukup beruntung karena tidak melalui rasa sakit yang parah saat tumbuh gigi. Meski bayi tidak menangis, ia mungkin lebih sering mengences, pipi dan gusi memerah serta bengkak, hingga menunjukkan ketidaknyamanan saat menyusu. 
Ketika menahan sakit akibat tumbuh gigi, bayi mungkin melampiaskannya dengan menggigit ibu, mainan, bahkan puting susu selama menyusu. Si Kecil bisa juga terlihat gelisah dan rewel di malam hari. 

Selain itu, jika ibu mengusap gusi di area bayi sedang tumbuh gigi dengan jari yang bersih, ibu mungkin akan merasakan tonjolan ujung gigi di bawah permukaan gusi.

Beberapa bayi juga mengalami perubahan pada kotoran mereka dengan feses yang tampak lebih encer atau berbeda warna. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan si Kecil terkena ruam popok di masa-masa ini.

Jika bayi juga mengalami ruam popok, pastikan ia sesekali mendapat waktu bebas tanpa popok. Usahakan mengganti popok secara rutin dan memilih popok kain ketimbang popok sekali pakai.

Lalu, bagaimana cara Ibu membantu bayi yang sedang tumbuh gigi?

Berikut beberapa pendekatan alami dan bebas efek samping yang bisa Ibu lakukan untuk memastikan tumbuh kembang bayi tidak terganggu dengan fase tumbuh gigi yang sedang dilaluinya.

1. Buat bayi lebih nyaman

Ibu bisa memberikan banyak pelukan untuk membuat si Kecil senantiasa merasa nyaman. Luangkan waktu sebanyak mungkin untuk berinteraksi dan bermain dengan bayi sehingga dapat mengalihkan rasa sakitnya. 

2. Menyusui bayi sesuai keinginannya

Waktu menyusui bisa menjadi salah satu momen yang memberikan kenyamanan, kehangatan, dan kedekatan yang sempurna antara ibu dan si Kecil, selama ia menginginkannya. 
Jadi, biarkan bayi menentukan kapan ia ingin menyusu selama masa tumbuh gigi.

3. Beri makanan dingin 

Jika bayi telah berusia 6 bulan atau lebih dan sudah mulai mengonsumsi makanan padat, coba berikan puree buah dingin dari kulkas, seperti apel. Ibu juga bisa memberikan buah yang dipotong seukuran genggaman bayi seperti timun, apel, semangka, pir untuk dihisap dan dikunyah. 

bayi tersenyum bahagai setelah menggunakan krim ruam popok Bepanthen
4. Jari ibu

Ya, kedengarannya memang sederhana. Namun, memberikan jari ibu kepada bayi untuk dikunyah atau sekadar menggosokkan jari ibu ke bagian gusi bayi yang sedang tumbuh gigi dapat meredakan nyeri yang berdenyut-denyut.
Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan jari ibu.

bayi sedang makan bahagian setelah diolesi krim Bepanthen
5. Amber

Amber adalah obat tradisional yang terkenal di Eropa timur dan barat. Amber dapat ditemukan dalam bentuk kalung atau gelang yang bekerja dengan melepaskan minyak alami (suksinat) ke dalam kulit orang yang memakainya. 
Minyak amber memiliki efek antiperadangan, mampu meredakan nyeri, demam, memberikan efek menenangkan, dan dapat membantu mencegah gejala tumbuh gigi. Adapun gejala tumbuh gigi ini meliputi pipi merah, gusi bengkak, ruam popok, hingga nyeri. 

bayi mengigit mainan Bepanthen
6. Mainan saat tumbuh gigi

Ada berbagai mainan untuk merangsang pertumbuhan gigi yang tersedia di toko perlengkapan bayi maupun supermarket besar. Di antaranya yang berbentuk seperti cincin atau mainan yang bisa dikunyah. Biasanya mainan yang berisi gel dingin dan dapat dimasukkan ke dalam lemari es menjadi pilihan yang paling efektif untuk meredakan gejala tumbuh gigi pada bayi. Mainan jenis tersebut akan terasa dingin saat dikunyah si Kecil sehingga membantu meringkan rasa nyeri pada gusi bayi.

7. Kamomil

Coba berikan bayi teh kamomil dingin entah dari sippy cup maupun cangkir atau gelas kecil khusus bayi. Ibu juga bisa merendam kain bersih ke dalam teh kamomil kental kemudian masukkan ke dalam kantung, lalu letakkan di dalam freezer atau lemari es sebelum diberikan kepada bayi.

8. Perhiasan ibu

Ketimbang membawa mainan tumbuh gigi yang berisiko dijatuhkan bayi kapan pun saat sedang digendong, coba ganti dengan kalung tumbuh gigi untuk membantu meredakan nyeri. 
Kalung tumbuh gigi biasanya terdiri dari manik-manik kayu dan kain yang tampak indah. Kalung tumbuh gigi juga dilapisi selembar kain lagi guna memberikan tekstur tambahan. 

Sebagai catatan tambahan, beberapa bayi bisa tidak mengalami tumbuh gigi untuk pertama kali dalam kurun waktu tertentu. Akan tetapi, jika tanda-tanda tumbuh gigi pada bayi tidak kunjung muncul saat ulang tahun pertamanya, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. 

bentuk garis merah muda dan abu-abu melengkung ke atas Bepanthen