Cara Menidurkan Bayi Susah Tidur | Bepanthen

Cara Menidurkan Bayi Yang Susah Tidur

Menjadi orang tua baru memang tidak lepas dari berbagai tantangan dan rintangan, salah satunya adalah waktu tidur berkurang karena si Kecil sering terbangun di malam hari. Tidak jarang pula orang tua dibangunkan oleh suara tangisan bayi tengah malam, dan mengupayakan segala cara untuk menidurkan bayi kembali.

Mengatur pola tidur bayi dan menerapkannya secara rutin bisa membantu orang tua mengurangi waktu begadang. Simak ulasannya di bawah ini:

1. Membiasakan rutinitas yang sama setiap hari

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam mengatur pola dan jam tidur bayi adalah dengan menetapkan kebiasaan apa saja yang harus dilakukan setiap hari. Diperlukan komitmen yang tinggi dari Ibu untuk menjalankan rutinitas ini bersama bayi setiap malam sebelum tidur.

Dengan mengatur jam tidur serta kebiasaan yang sama setiap harinya, tubuh bayi akan terbiasa untuk tidur pada jam yang telah Ibu tetapkan.

Cara Menidurkan Bayi Susah Tidur | Bepanthen - Bayi tidur lebih nyenyak mudah dicapai dengan dioleskan pada pantat bayi krim Bepanthen

2. Gunakan mainan favorit atau alat bantu lain

Cara lain yang juga bisa Anda coba untuk menidurkan bayi adalah menggunakan alat bantu tidur. Anda bisa menemukan alat-alat tersebut di toko khusus perlengkapan bayi.

Salah satu alat yang mungkin akan sangat berguna adalah alat dengan fitur proyektor bintang yang bisa dipancarkan di langit-langit kamar bayi. Ada pula alat yang bisa memainkan musik menenangkan untuk membantu bayi tertidur. Pilihlah alat yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Krim Bepanthen

Memegang mainan atau benda favorit si Kecil juga dapat membantunya terlelap lebih mudah, misalnya boneka teddy bear atau selimut kesayangannya. Untuk bayi, Anda bisa memilih selimut dengan model sleeping bag dibandingkan selimut biasa. Sleeping bag dinilai lebih aman dan mencegah bayi terjatuh dari kasur atau baby box.

mainan bayi Bepanthen

Melakukan teknik controlled crying

Teknik controlled crying dilakukan dengan cara membiarkan bayi menangis dalam waktu yang ditentukan, kemudian kembali menenangkannya. Cara tersebut dapat dilakukan berulang kali saat menidurkan bayi yang rewel dan menangis. Banyak yang meyakini bahwa teknik ini sebaiknya hanya dilakukan pada bayi yang lebih besar.

bayi berbaring di tempat tidur setelah penggunaan krim Bepanthen

Sederhananya, teknik ini sama seperti ketika Anda mengantar si Kecil ke sekolah. Bayangkan, jika si Kecil menangis di sekolah, Anda tentu tidak akan mengeluarkannya dari sekolah, bukan? Anda akan menenangkannya dan meyakinkan si Kecil untuk kembali bersekolah seperti biasa.

Pada dasarnya, tidak ada cara menidurkan dan menentukan pola tidur bayi yang sepenuhnya benar atau salah. Cara terpenting adalah dengan memiliki dan melakukan pendekatan yang efektif dan membuahkan hasil terbaik untuk keduanya, yaitu bayi dan kedua orangtua sama-sama mendapatkan waktu tidur dan istirahat yang berkualitas.

Dengan demikian, orangtua tetap memiliki energi yang cukup untuk merawat si Kecil secara maksimal keesokan harinya. Semoga tips-tips di atas bermanfaat untuk Anda yang memulai kehidupan sebagai orangtua baru

bayi berbaring menoleh Bepanthen
bentuk garis merah muda dan abu-abu melengkung ke atas Bepanthen